FANDOM

Kiyoshi beralih ke halaman ini, jika kamu mencari pemain SMA Shūtoku dengan nama sama, pergi ke Kiyoshi Miyaji.
Aku akan mengorbankan diriku sendiri setiap hari, untuk melindungi semua orang. Itu sebabnya aku kembali!

—Teppei Kiyoshi

Seirin logo

Teppei Kiyoshi
Anime | Manga

Teppei Kiyoshi anime

Nama Teppei Kiyoshi
Kanji 木吉 鉄平
Statistik Vital
Kelamin Laki-laki
Umur 17
Tinggi 193 cm (6' 4")
Berat 81 kg (179 lbs)
Ulang Tahun 10 Juni, Gemini
Tipe Darah O
Statistik Profesional
Tim Shōei (mantan)
Seirin
Posisi Center
Bakat Right of Postponement
Vice Claw
Penampilan Pertama
Manga Bab 53
Anime Episode 19
Seiyū
Anime Kenji Hamada
Galeri Gambar

Teppei Kiyoshi (木吉 鉄平 Kiyoshi Teppei) adalah pendiri tim bola basket dan mantan ace Seirin. Dia dikenal sebagai Hati Besi (鉄心 Tesshin) dan salah satu Raja Tanpa Mahkota.

Penampilan Fisik Sunting

Kiyoshi adalah pemuda yang sangat tinggi, tinggi badannya bahkan melampaui Taiga Kagami. Dia memiliki rambut cokelat agak panjang, yang membingkai mata gelapnya. Kiyoshi memiliki telapak tangan yang besar, tetapi seberapa besar telapak tangannya bila dibandingkan dengan tinggi badannya tidak digambarkan secara spesifik. Dia memakai seragam bernomor 7.

Kepribadian Sunting

Kiyoshi adalah pemuda yang dewasa dan baik pada orang-orang, sangat cerdas dan hampir selalu merencakan sesuatu. Dalam pertandingan, pada mulanya dia bersikap biasa saja. Tetapi ketika insting untuk berkompetisi dalam dirinya muncul, dia berubah menjadi pemain yang kejam dan sangat profesional. Kata-kata andalannya saat bertanding adalah "ayo bersenang-senang!". Menurut Hyūga, Kiyoshi adalah pemain yang jujur, kontras dengan cara bermain Makoto Hanamiya.

Kiyoshi juga sangat peduli pada teman-teman setimnya. Karena dirinya-lah yang mendirikan klub basket Seirin, rasa kasih sayang terhadap teman-teman setimnya sangatlah besar. Dia dengan senang hati membantu disaat teman-teman setimnya dalam kesulitan dan melindungi jika dia merasa teman-temannya terancam, bahkan jika taruhannya adalah dirinya sendiri.

Tetapi, Kiyoshi juga bisa menjadi seseorang yang licik, sebagaimana ditegaskan oleh Aomine. Dengan sengaja, dia memprovokasi Murasakibara dengan mengatakan hal-hal yang dibenci oleh pemuda tersebut.

Kiyoshi adalah pemuda yang sopan dan dia tidak suka bila dipanggil dengan "Raja Tanpa Mahkota" dan julukannya "Si Hati Besi".

Sejarah Sunting

Sewaktu kecil, Kiyoshi dibesarkan oleh kakek dan neneknya. Tidak diketahui mengapa Kiyoshi tidak bersama orangtuanya.

Saat SMP, Kiyoshi masuk ke SMP Shōei, sebuah sekolah elit dengan tim basket yang kuat. Dulunya, Kiyoshi selalu berpikir bahwa tubuhnya adalah sebuah hambatan, tetapi pemikirannya berubah setelah diundang untuk bergabung di tim basket oleh salah seorang anggota klub basket Shōei, Taichi. Lambat laun, Kiyoshi mulai mengenal dan mencintai basket. Karena tinggi badan dan kekuatannya, Kiyoshi menjadi salah satu pemain terkuat dan kemudian dikenal sebagai salah satu dari Raja Tanpa Mahkota, "Iron Heart (Hati Besi)". Akan tetapi, timnya harus berhadapan dengan SMP Teikō, sang juara bertahan. Mereka dikalahkan dengan telak dan harga diri Kiyoshi dihancurkan disaat dirinya melihat Murasakibara yang melampaui tinggi badan dan kemampuannya. Kiyoshi tetap membiarkan trauma ini menghantui hidupnya.

Disaat pertama kali dirinya menjadi siswa di SMA Seirin, Kiyoshi ingin bergabung di klub basket. Saat dirinya berjalan di koridor untuk menyerahkan formulir pendaftaran, dia berpapasan dengan Hyūga. Dengan ramah, Kiyoshi meminta maaf dan tanpa sengaja melihat gambar tampilan di ponsel Hyūga, yang mana gambar tersebut adalah seorang pemain NBA terkenal dari klub Golden State Warriors. Kiyoshi lalu bertanya apakah Hyūga menyukai basket dan mengatakan bahwa dirinya juga menyukai basket. Kiyoshi lalu memperkenalkan dirinya pada Hyūga dan mengajak Hyūga untuk bersama-sama menyerahkan formulir pendaftaran. Hyūga, yang tidak memiliki minat sedikit pun untuk bergabung di tim basket Seirin, berkata pada Kiyoshi bahwa tidak ada yang namanya klub basket di SMA Seirin. Kiyoshi lalu dengan gamblang berkata pada Hyūga bahwa mereka bisa mendirikan klub basket bersama-sama. Hyūga menolak, berkata bahwa dirinya tidak lagi tertarik dengan basket.

Kemudian, diketahui bahwa Kiyoshi adalah teman sekelas Hyūga dan bahwa Kiyoshi terus merongrong Hyūga untuk mendirikan klub basket bersama. Ketika Kiyoshi masih gencar mendesak Hyūga, Izuki berkata bahwa dia tertarik ingin bermain basket. Hyūga kemudian pergi dan Izuki bertanya Kiyoshi mengapa dirinya masuk ke SMA Seirin, bertanya-tanya mengapa seseorang seperti Kiyoshi tidak mendaftar ke sekolah yang lebih elit, apalagi dengan julukannya sebagai si "Iron Heart". Kiyoshi menjelaskan bahwa jarak dari rumahnya ke Seirin lebih dekat; hanya itu alasannya. Kiyoshi juga berkata pada Izuki bahwa selama basket terasa menyenangkan, tidak masalah dia bermain di tim apa. Dia melanjutkan dengan berkata bahwa cara untuk mencintai sesuatu adalah dengan mendedikasikan dirimu sepenuhnya pada apa yang kau cintai.

Kiyoshi dan Izuki lalu bertemu dengan Koga dan Mitobe, yang berkata bahwa mereka tertarik ingin bergabung ke klub basket. Kiyoshi mengabulkan dan berkata bahwa sudah lengkap 5 orang didalam tim, termasuk Hyūga. Izuki lalu mengusulkan bahwa mereka membutuhkan seorang manajer dan Kiyoshi menimpali dengan berkata dia mungkin tahu seseorang yang sempurna untuk posisi tersebut. Mereka lalu mendekati Riko Aida. Mereka mengundang gadis itu untuk bergabung di tim basket, tetapi Riko segera menolak undangan tersebut. Kiyoshi tidak patah semangat dan kembali menawarkan posisi manajer pada Riko. Riko berkata bahwa dia hanya ingin bergabung dalam sebuah klub dengan semangat yang sangat kuat untuk mencapai puncak (kemenangan). Mereka semua pun pergi meninggalkan Riko dan Kiyoshi merasa senang. Dia berkata bahwa dia bahagia dirinya dan Riko memiliki pemikiran yang sama. Izuki lalu berkata pada Kiyoshi bahwa sikap Riko yang tidak suka pada orang yang setengah-setengah/pengecut disebabkan oleh Hyūga.

Kemudian, tim basket Seirin yang baru saja terbentuk pergi makan malam bersama di Maji Burger, dimana mereka mendiskusikan posisi untuk tiap anggota. Kiyoshi lalu berkata bahwa dirinya sangat ingin Hyūga bergabung dalam tim dan pada saat yang sama, Hyūga masuk ke dalam restoran, namun segera melarikan diri begitu bertemu muka dengan Kiyoshi. Kiyoshi mengejar Hyūga dan berhasil menangkapnya. Kiyoshi lalu membawa Hyūga ke lapangan basket jalanan dan menantang Hyūga untuk tanding one-on-one. Hyūga merasa kesal dan berkata pada Kiyoshi untuk tidak menganggap remeh dirinya. Mereka mulai bertanding, dan namun Kiyoshi mendominasi permainan dan menghalangi setiap tembakan Hyūga. Hyūga gagal mencetak skor dan Kiyoshi berkata pada Hyūga untuk jangan keras kepala dan bahwa dirinya salah besar sudah menyerah terhadap basket. Kiyoshi menambahkan bahwa Hyūga sebenarnya menyukai basket, sama seperti dirinya. Kiyoshi juga berkata bahwa dia pernah merasakan pahitnya dikalahkan setelah kalah melawan Teikō, namun pada akhirnya, dia tidak menyerah. Hyūga kemudian berteriak menyuruh Kiyoshi untuk diam, mengakui bahwa dirinya menyukai basket.

Cerita Sunting

Kembalinya Kiyoshi Sunting

Kiyoshi pertama kali muncul setelah Seirin kalah dalam babak penyisihan Interhigh. Dia mengirim pesan kepada Riko bahwa dirinya akan segera keluar dari rumah sakit dan setelah dirinya mendengar berita kekalahan Seirin, dia berkomentar bahwa kekalahan malah akan membuat semua tantangan baru terasa menyenangkan.

Seminggu kemudian, Kuroko berlatih sendirian setelah latihan bersama tim. Dia menembak, namun gagal dan pada saat itulah bola yang digunakan Kuroko dipungut oleh Kiyoshi. Dia lalu berkata pada Kuroko bahwa yang bisa dilihatnya dari Kuroko bahwa Kuroko hanya mampu mengoper bola, namun Kiyoshi menyukai gaya permainan Kuroko dan bahwa Kuroko hanya kurang memiliki pengalaman. Kuroko bertanya siapa dirinya dan Kiyoshi memperkenalkan diri sambil menawarkan permen, yang ditolak oleh Kuroko. Kiyoshi melanjutkan dengan memperkenalkan dirinya sebagai pendiri tim basket SMA Seirin. Kiyoshi lalu mengeja namanya dalam kanji yang berbeda, yang dibalas Kuroko dengan reaksi tidak tertarik.

Saat Kuroko menanyakan apa yang dilakukan Kiyoshi di gym sekolah, Kiyoshi berkata bahwa dia akan segera keluar dari rumah sakit dalam kurun waktu seminggu dan bermaksud untuk menengok tim. Dia lalu menangkap ekspresi khawatir Kuroko dan berkata pada pemuda itu bahwa Kiyoshi mengharapkan sesuatu yang hebat darinya, dan juga berkata bahwa Kuroko pemain yang menarik. Dia lalu menjelaskan mengapa ada beberapa posisi yang berbeda dalam basket dan juga berkata bahwa pemain keenam adalah seorang spesialis. Dia melanjutkan dengan berkata bahwa dia tidak pernah melihat seorang spesialis seperti Kuroko, namun sejauh ini yang berhasil dilakukan Kuroko adalah intimidasi. Dia meminta bola dari Kuroko, lalu menembakkan bola tersebut, sambil berkata bahwa Kuroko sendiri-lah yang menetapkan batasan dalam permainan basket bagi dirinya. Dia menyimpulkan bahwa Kuroko seharusnya lebih percaya pada kemampuannya dan Kiyoshi kemudian pergi meninggalkan Kuroko sendirian.

Seminggu kemudian, Kiyoshi dan Kagami secara resmi kembali untuk berlatih dengan tim, dengan Kiyoshi yang mengenakan seragamnya untuk meningkatkan tensi yang sudah ada. Anggota tim yang lain merasa sedikit terganggu dengan kembalinya dirinya, namun hal tersebut tidak diperhatikan Kiyoshi. Setelah dimarahi oleh Hyūga dan mengganti seragamnya ke seragam untuk latihan, Kiyoshi memperkenalkan diri kepada semua anak baru. Riko kemudian bertanya apakah ia sudah benar-benar sembuh dan Kiyoshi berkata bahwa dia sudah sepenuhnya sembuh, hanya saja teknik bermainnya masih sedikit berantakan.